Tautan-tautan Akses

AS: Pasukan Afghanistan Efektif Tetapi Butuh Bantuan


Menteri Pertahanan Amerika, Chuck Hagel. Hagel mengatakan tentara Afghanistan membuat banyak kemajuan tetapi mereka masih membutuhkan bantuan.
Menteri Pertahanan Amerika, Chuck Hagel. Hagel mengatakan tentara Afghanistan membuat banyak kemajuan tetapi mereka masih membutuhkan bantuan.

Menhan AS, Chuck Hagel, mengatakan tentara Afghanistan mempertahankan pencapaian yang dibuat pasukan NATO semasa penambahan pasukan dua tahun lalu, tetapi mereka akan membutuhkan lebih banyak dukungan untuk berhasil dalam jangka panjang.

Ketika misi NATO di Afghanistan selesai akhir tahun 2014, kata Hagel, pasukan Afghanistan "akan beresiko tinggi" kecuali bila mereka terus mendapat bantuan dan saran dari komunitas internasional dan koalisi internasional.

Laporannya menyebutkan telah terjadi pergeseran mendasar dalam pertempuran di Afghanistan, sementara pasukan Afghanistan kini menangani 95 persen kegiatan operasional konvensional dan 98 persen operasi khusus.

Ditambahkan, fakta pasukan Afghanistan bertanggungjawab atas keamanan negara mereka sendiri adalah suatu pencapaian besar. Laporan itu mencatat, mereka kini mampu mempertahankan keberhasilan yang dicapai koalisi 50 negara dengan "pasukan terlatih terbaik dan paling lengkap di dunia."

Menurut laporan itu, serangan musuh turun enam persen dibanding tahun lalu. Insiden keamanan turun 12 persen dan pemboman pinggir jalan turun 22 persen. Laporan itu menyebutkan korban dalam pasukan Afghanistan naik 79 persen dibanding tahun lalu, sedangkan jumlah korban dalam pasukan koalisi pimpinan NATO turun 59 persen.
XS
SM
MD
LG