Tautan-tautan Akses

AS Mungkin Tempatkan Senjata Nuklir di Korea Selatan


Menteri Pertahanan Korea Selatan Kim Tae-young mengatakan negaranya sedang memikirkan tawaran Amerika Serikat tersebut.

Menteri Pertahanan Korea Selatan Kim Tae-young mengatakan negaranya sedang memikirkan tawaran Amerika Serikat tersebut.

Korea Selatan mempertimbangkan penempatan senjata nuklir taktis Amerika di wilayahnya, untuk menghadapi ancama dari Korea Utara.

Menteri Pertahanan Korea Selatan mengatakan negaranya mempertimbangkan mengerahkan persenjataan nuklir taktis Amerika di Korea Selatan untuk pertama kali dalam 19 tahun.

Menteri Pertahanan Kim Tae-young mengatakan demikian hari ini dalam pembicaraan dengan sebuah komite parlemen mengenai peningkatan kegiatan nuklir terbaru Korea Utara. Ia mengatakan hal ini mungkin dibicarakan dalam sebuah pertemuan gabungan militer Amerika dan Korea Selatan bulan depan untuk membicarakan program nuklir Korea Utara.

Amerika memindahkan senjata-senjata nuklir taktis terakhirnya dari Korea Selatan pada Desember 1991. Seorang juru bicara Departemen Pertahanan mengatakan kepada VOA bahwa hingga kini, negara itu belum mempertimbangkan membawa kembali senjata-senjata tersebut.

Kantor berita AP mengutip seorang juru bicara departemen bahwa senjata-senjata tersebut akan berdampak psikologis, karena mengesankan Korea Selatan sudah terlindungi di bawah payung nuklir Amerika.

XS
SM
MD
LG