Tautan-tautan Akses

AS Mulai Rundingkan Perluasan Kehadiran Militer di Filipina


Peta wilayah Filipina (Foto: dok). AS dan Filipina tengah merundingkan perluasan kehadiran militer Amerika di Filipina.

Peta wilayah Filipina (Foto: dok). AS dan Filipina tengah merundingkan perluasan kehadiran militer Amerika di Filipina.

Amerika dan Filipina merundingkan sebuah kesepakatan yang akan mengijinkan pasukan dan peralatan militer Amerika untuk menggunakan kamp-kamp pertahanan Filipina.

Amerika dan Filipina telah membuka perundingan tentang perluasan kehadiran militer Amerika di Filipina. Kedua pihak sedang merundingkan sebuah kesepakatan yang akan mengijinkan pasukan dan peralatan militer Amerika untuk menggunakan kamp-kamp pertahanan Filipina.

Filipina mendorong untuk meningkatkan pertahanannya karena klaim maritim China pada sebagian besar Laut China Selatan yang kaya sumber daya mineral dan energi. Pejabat-pejabat Filipina mengatakan peningkatan kehadiran Amerika secara bertahap akan membantu mendukung postur “pertahanan minimum” Filipina.

Menteri Luar Negeri Filipina Albert del Rosario hari Senin mengatakan Filipina bertekad menggunakan diplomasi untuk menyelesaikan sengketa tersebut, tetapi menegaskan pemerintahnya akan melakukan apapun untuk melindungi wilayahnya.

Awal bulan ini Filipina mengambil alih secara resmi sebuah kapal penjaga pantai Amerika sesuai perjanjian aliansi militer bilateral dengan Amerika. Kapal itu bergabung dengan kapal lain yang serupa dengan yang dimiliki Filipina tahun 2011 lalu.
XS
SM
MD
LG