Tautan-tautan Akses

AS Minta Turki Muluskan Hubungan dengan Israel


Menlu AS Hillary Clinton (kanan) saat bertemu dengan Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Davutoglu (foto: dok.). AS menyerukan Turki memuluskan hubungan dengan Israel.

Menlu AS Hillary Clinton (kanan) saat bertemu dengan Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Davutoglu (foto: dok.). AS menyerukan Turki memuluskan hubungan dengan Israel.

Menlu Clinton bertemu Menlu Turki Ahmet Davutoglu New York, dan menyerukan agar Turki 'membiarkan pintu terbuka' dengan Israel.

Menteri Luar Negeri Hillary Clinton telah mendesak Turki agar tidak membiarkan pertikaian politiknya dengan Israel semakin mendalam.

Clinton bertemu dengan Menteri Luar Negeri Ahmet Davutoglu Senin di New York, sementara para pemimpin dunia berkumpul untuk pertemuan tahunan Sidang Umum PBB. Ia menyerukan agar Turki “membiarkan pintu terbuka” dengan Israel. Amerika merupakan sekutu dari kedua negara.

Hubungan antara Turki dan Israel mengalami kemunduran sejak komando Israel menyerang sebuah flotila kapal Turki yang menuju pelabuhan Gaza pada Mei 2010 sehingga menyebabkan 9 aktivis tewas.

Turki menuntut permintaan maaf dan ganti rugi untuk serangan mematikan itu. Israel menolak.

Sebelumnya pada September, Turki mengusir dutabesar Israel, membekukan semua hubungan militer serta mengancam di masa depan akan mengerahkan angkatan lautnya untuk mengawal kapal-kapal Turki yang menuju ke pelabuhan Palestina yang diblokade itu.
Pada Senin, Israel mengatakan fihaknya mengakhiri kerjasama kepolisiannya dengan Turki.

Presiden Barack Obama akan bertemu dengan Perdana Menteri Turki Recep Tayyib Erdogan Selasa.

XS
SM
MD
LG