Tautan-tautan Akses

AS

AS Minta Rusia Hentikan Dukungan untuk Separatis Ukraina


Para demonstran pro-Rusia menyerbu kantor pemerintah Ukraina di kota Donetsk (3/5).

Para demonstran pro-Rusia menyerbu kantor pemerintah Ukraina di kota Donetsk (3/5).

Menlu AS John Kerry mengatakan adalah penting bahwa Rusia menarik dukungan untuk separatis Ukraina yang telah menduduki sejumlah gedung pemerintah di Ukraina timur.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry menyebut pembebasan para pemantau dari Eropa yang disekap oleh separatis pro-Rusia di Ukraina sebagai sebuah langkah positif, namun ia menambahkan masih banyak yang perlu dilakukan untuk meredakan situasi.

Berbicara di Kinshasa Sabtu (3/5), Kerry mengatakan adalah penting bahwa Rusia menarik dukungan untuk separatis Ukraina yang telah menduduki sejumlah gedung pemerintah di Ukraina timur.

Kerry mengatakan hal itu setelah melakukan pembicaraan telepon dengan Menteri Luar negeri Rusia Sergei Lavrov. Menurut Kementerian Luar Negeri Rusia Lavrov mengatakan kepada Kerry bahwa Amerika Serikat seharusnya menggunakan pengaruhnya untuk membuat pemerintah Ukraina menghentikan operasi militer di Ukraina tenggara.

Sekjen PBB Ban Ki-moon juga menyambut gembira pembebasan ketujuh pemantau Organisasi Keamanan dan Kerja Sama Eropa (OSCE) itu. Separatis pro-Rusia di Ukraina timur membebaskan ketujuh pemantau dan lima asisten mereka dari Ukraina pada Sabtu di Slovyansk. Dalam sebuah pernyataan, juru bicara Ban mengatakan Sekjen PBB mengucapkan terima kasih kepada semua yang telah membantu memfasilitasi pembebasan itu, termasuk Rusia.

Menurut kantor-kantor berita, seorang pemimpin separatis mengatakan ia memerintahkan pembebasan itu karena memburuknya situasi keamanan di Slovyansk.
XS
SM
MD
LG