Tautan-tautan Akses

AS Minta Penjelasan Beijing Soal Warga Tiongkok yang Hilang


Asisten Menteri Luar Negeri Amerika urusan Asia Timur, Kurt Campbell.

Asisten Menteri Luar Negeri Amerika urusan Asia Timur, Kurt Campbell.

Asisten Menlu AS Kurt Campbell mengatakan AS akan mendesak Tiongkok menjelaskan kasus penangkapan tanpa prosedur hukum yang wajar.

Departemen Luar Negeri America mengatakan para pejabat Amerika akan meminta penjelasan dari Tiongkok mengenai hilangnya dan penangkapan beberapa warga Tiongkok , dalam pembicaraan pekan depan di Washington.

Para pejabat mengatakan Dialog Strategi dan Ekonomi Tiongkok-Amerika itu akan membahas hak azasi dan reformasi mata uang Tiongkok.

Asisten Menteri Luar Negeri Amerika urusan Asia Timur, Kurt Campbell, mengatakan hari Kamis bahwa Amerika Serikat akan mendesak Tiongkok agar menjelaskan apa yang disebutnya kasus-kasus penangkapan tertentu di mana prosedur hukum tidak ada atau tidak wajar.

Juga hari Kamis, seorang pejabat Departemen Keuangan Amerika David Loevinger, mengatakan Amerika Serikat akan mendesak Tiongkok agar membiarkan kurs mata uangnya menyesuaikan diri dengan laju yang lebih cepat. Ia mengatakan nilai mata uang Tiongkok, yuan, telah meningkat 5 persen sejak dialog Amerika-Tiongkok tahun 2009.

Loevinger mengatakan para pejabat akan mendorong Tiongkok untuk mencabut batas suku bunga supaya konsumen Tiongkok dapat mempunyai uang belanja yang lebih besar. Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton dan Menteri Keuangan Timothy Geithner akan memimpin pembicaraan di Washington itu, yang didirikan oleh Presiden Amerika Barack Obama dan Presiden Tiongkok Hu jintao tahun 2009.

XS
SM
MD
LG