Tautan-tautan Akses

AS Masukkan Tokoh Taliban Pakistan Dalam Daftar Hitam Teroris


Para anggota kelompok militan Taliban.

Para anggota kelompok militan Taliban.

Deplu AS mengatakan Qari Hussain bertanggung jawab atas pemboman bunuh diri di seluruh Pakistan yang menewaskan puluhan orang.

Amerika Serikat telah memasukkan seorang anggota terkemuka Taliban Pakistan, Qari Hussain, dalam daftar hitam teroris.

Departemen Luar Negeri Amerika menyebut Hussain sebagai salah seorang pemimpin Tehrik-e Taliban Pakistan (TTP), dan seorang perekrut calon-calon pembom bunuh diri dari semua umur, termasuk anak-anak.

Departemen itu mengatakan penetapan Hussain sebagai seorang teroris memungkinkan Amerika membekukan harta yang mungkin ia miliki dalam yurisdiksi Amerika. Tindakan itu juga melarang setiap warga Amerika melakukan urusan keuangan dengannya.

Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan Hussain dan TTP telah mengaku bertanggung jawab atas pemboman bunuh diri di seluruh Pakistan yang menewaskan puluhan orang. Ia juga diyakini bertanggung jawab atas pelatihan seorang teroris warga Yordania yang juga mata-mata CIA, Humam Muhammad Abu Mulal al-Balawi, yang misi bunuh dirinya bulan Desember tahun 2009 di sebuah pangkalan di provinsi Khost, Afghanistan timur, menewaskan 7 orang agen CIA.

XS
SM
MD
LG