Tautan-tautan Akses

AS Luncurkan Misi Baru ke Mars


Kendaraan penjelajah Maven milik NASA yang merupakan akronim dari Mars Atmosphere and Volatile Evolution (Atmosfer Mars dan Evolusi Volatil).

Kendaraan penjelajah Maven milik NASA yang merupakan akronim dari Mars Atmosphere and Volatile Evolution (Atmosfer Mars dan Evolusi Volatil).

NASA mengatakan Maven adalah pesawat luar angkasa pertama yang dirancang untuk menjelajah atmosfer Mars bagian atas.

Lembaga antariksa AS (NASA) telah meluncurkan misi penjelajahan baru ke Mars, dengan harapan mempelajari lebih banyak tentang atmosfer dan iklim Planet Merah yang misterius tersebut.

NASA meluncurkan pesawat antariksa Maven, Senin (18/11) dengan roket peluncur tak berawak Atlas V, dari Cape Canaveral di Florida di pesisir tenggara Amerika.

Jika segala sesuatunya berjalan lancar, Maven, yang membawa delapan peralatan sains, akan mencapai mars dalam 10 bulan, atau September 2014, sebelum masuk ke orbit sekeliling planet tersebut.

NASA telah meluncurkan 20 misi ke Mars sejauh ini, 14 diantaranya sukses. Dalam misi terbaru ini, ilmuwan Mars NASA terdepan, Michael Meyer, mengatakan para ahli berharap dapat menjawab apa yang terjadi dengan atmosfer Mars, barangkali milyaran tahun lalu, yang mengubahnya dari planet yang hangat dan basah menjadi dingin dan kering seperti sekarang ini.

"Lingkungan di Mars pada suatu waktu dapat mendukung kehidupan mikrobial. Namun jika melihat Mars saat ini, planet itu dingin dan kering, sehingga kami ingin tahu apa yang terjadi," ujarnya.

NASA mengatakan Maven adalah pesawat luar angkasa pertama yang dirancang untuk menjelajah atmosfer Mars bagian atas. Lembaga antariksa tersebut sebelumnya telah mengirim serangkaian kendaraan untuk menjelajah permukaan Mars, termasuk yang terakhir, Curiosity, yang tiba tahun lalu.

India meluncurkan pengorbit luar angkasa awal bulan ini yang dirancang untuk melacak metana di Mars, yang dapat membuktikan eksistensi beberapa bentuk kehidupan purba di planet tersebut. Pengorbit ini dapat tiba dua hari lebih lama dibandingkan satelit AS.

Misi Maven menghabiskan biaya US$671 juta. Nama satelit ini merupakan akronim dari Mars Atmosphere and Volatile Evolution (Atmosfer Mars dan Evolusi Volatil).

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG