Tautan-tautan Akses

AS

AS Longgarkan Sanksi atas Kuba Mulai Jumat


Menteri Keuangan AS Jack Lew mengatakan, Amerika selangkah lebih dekat menuju penggantian kebijakan yang sudah ketinggalan zaman (foto: dok).

Menteri Keuangan AS Jack Lew mengatakan, Amerika selangkah lebih dekat menuju penggantian kebijakan yang sudah ketinggalan zaman (foto: dok).

Pelonggaran sanksi itu merupakan sebuah langkah maju dalam mewujudkan sasaran pemerintah Obama untuk normalisasi hubungan AS-Kuba.

Departemen Keuangan Amerika mengatakan peraturan-peraturan baru menyangkut pembatasan perdagangan dan perjalanan ke Kuba akan mulai diterapkan Jumat besok.

Kebijakan itu merupakan sebuah langkah maju dalam mewujudkan sasaran pemerintah Obama yang diumumkan bulan lalu untuk menormalisasi hubungan dengan negara komunis itu.

Berdasarkan peraturan baru, warga Amerika tidak perlu mengajukan izin berpergian untuk berbagai alasan yang disetujui.

Warga Amerika akan diizinkan membawa masuk barang yang dibeli di Kuba hingga senilai 400 dolar untuk keperluan pribadi, termasuk 100 dolar untuk tembakau dan alkohol.

Beberapa anggota Kongres yang dikontrol Partai Republik telah mengungkapkan tentangan mereka terhadap pelonggaran sanksi itu, dengan mengatakan bahwa itu tidak akan mendorong kemajuan demokrasi.

Meskipun sanksi berumur 50 tahun itu bisa secara signifikan dilonggarkan dengan instruksi presiden, sanksi itu hanya bisa dicabut dengan persetujuan Kongres.

Dalam sebuah penyataan, Kamis, Menteri Keuangan Jack Lew mengatakan, Amerika kini satu langkah lebih dekat menuju penggantian kebijakan-kebijakan yang sudah ketinggalan zaman yang tidak lagi bermanfaat.

XS
SM
MD
LG