Tautan-tautan Akses

AS Laporkan Kasus Virus Zika Pertama Lewat Hubungan Seks


Zika diduga terkait dengan microcephaly, sebuah gangguan saraf di mana bayi dilahirkan dengan kepala kecil (foto: ilustrasi).

Zika diduga terkait dengan microcephaly, sebuah gangguan saraf di mana bayi dilahirkan dengan kepala kecil (foto: ilustrasi).

Sebuah county di Texas pada Selasa (2/2) melaporkan apa yang kelihatannya adalah virus Zika yang ditularkan lewat kontak seksual.

Pejabat di Dallas County mengatakan, pasiennya terinfeksi Zika setelah melakukan hubungan seks dengan seorang sakit yang baru kembali dari sebuah negara di mana virus itu hadir.

Palang Merah Internasional telah mengeluarkan permohonan pendanaan guna membantu upayanya melawan perebakan virus Zika, yang bisa menular pada 4 juta orang di benua Amerika tahun ini. Palang Merah minta bantuan senilai $ 2,3 juta Selasa guna menanggapi krisis ini.

Zika diduga terkait dengan microcephaly, sebuah gangguan saraf di mana bayi dilahirkan dengan kepala kecil.

Pada Senin, Organisasi Kesehatan Sedunia atau WHO menyatakan penyebaran virus Zika sebagai darurat kesehatan publik, serta meramalkan 4 juta orang akan terkena virus itu tahun ini. 24 negara sudah memberi konfirmasi sirkulasi virus Zika pada akhir Januari. Saat ini belum ada pengobatannya.

Perusahaan farmasi Perancis, Sanofi, mengatakan Selasa, telah mulai penelitian dan pengembangan vaksin untuk melawan virus Zika, yang namanya diambil dari hutan di Uganda di mana virus yang dibawa nyamuk ini pertama diidentifikasi pada 1947.

Pusat Pengendalian Penyakit Amerika memperingatkan perempuan hamil agar jangan bepergian ke daerah di mana ada penyebaran Zika. [ps/jm]

XS
SM
MD
LG