Tautan-tautan Akses

AS

Amerika, Kuba akan Buka Kedutaan di Washington dan Havana


Javier Yanez berdiri di balkonnya di kota tuaHavana, yang didekorasi dengan bendera Amerika dan Kuba (foto: dok).

Javier Yanez berdiri di balkonnya di kota tuaHavana, yang didekorasi dengan bendera Amerika dan Kuba (foto: dok).

Setelah hampir melalui proses negosiasi selama hampir tujuh bulan, Amerika Serikat dan Kuba sepakat membuka kembali kedutaan besar masing-masing negara di Washington dan Havana, guna menyambung kembali hubungan diplomatik resmi antara kedua negara yang putus sejak 1961.

Kedutaan Besar AS di Havana diharapkan dapat dibuka kembali akhir bulan ini. Menteri Luar Negeri AS John Kerry telah mengindikasikan ia akan menghadiri upacara pengibaran bendera di Kedubes AS di Havana.

Proses normalisasi hubungan diplomatik antar kedua negara sudah dimulai sejak Presiden Barack Obama dan Raul Castro mengumumkan akan memperbaharui hubungan tersebut pada bulan Desember.

Amerika Serikat telah menghapus Kuba dari daftar negara sponsor terorisme di bulan Mei, sebagai bagian dari langkah penting upaya pemulihan hubungan diplomatik.​

Berbicara melalui seorang penerjemah, Selasa (30/6) di Gedung Putih, Presiden Brasil Dilma Rousseff menyambut baik menghangatnya kembali hubungan tersebut dan dampaknya terhadap seluruh Amerika Latin.

"Ini sungguh-sungguh langkah untuk mengakhiri sisa-sisa Perang Dingin, dan pada akhirnya mempererat hubungan antara AS dan seluruh wilayah," kata Rousseff.

"Izinkan saya mengakui pentingnya isyarat ini bagi seluruh Amerika Latin dan perdamaian dunia pada umumnya. Ini adalah contoh penting dari hubungan yang harus diikuti," tambahnya.

Pemulihan layanan

Layanan udara dan feri komersial antara kedua negara telah atau sedang dalam pemulihan, pembatasan komunikasi telah mereda, meskipun perjalanan warga AS ke Kuba masih dibatasi.

Kuba

Kuba

Embargo perdagangan AS dan catatan hak asasi manusia Kuba masih menjadi isu yang menghambat normalisasi hubungan kedua negara yang retak di era revolusi Fidel Castro.

Embargo perdagangan Amerika terhadap Kuba yang hanya bisa dicabut oleh Kongres AS. Sementara pekan lalu, Washington merilis laporan hak asasi manusia tahunannya, yang mencatat pelanggaran kebebasan dasar di Kuba pada tahun 2014, termasuk penangkapan sewenang-wenang para pembangkang dan pembatasan terhadap akses informasi yang independen dan tanpa sensor.

XS
SM
MD
LG