Tautan-tautan Akses

AS-Korsel Laksanakan Latihan Perang Meski Korut Mengancam


Latihan militer bersama AS-Korsel di Pohang, Korea Selatan awal Maret lalu (foto: dok).

Latihan militer bersama AS-Korsel di Pohang, Korea Selatan awal Maret lalu (foto: dok).

Menteri Angkatan Darat AS mengatakan bahwa latihan perang itu turut menyumbang pada kestabilan serta tidak bersaing dengan kestabilan di kawasan.

Menteri Angkatan Darat Amerika Eric Fanning mengatakan latihan perang setiap tahun antara Amerika Serikat dan Korea Selatan akan dilaksanakan bulan depan, walaupun Korea Utara telah memperingatkan konfrontasi “jahat” bakal terjadi kalau latihan militer itu tetap diadakan.

Hari Kamis (28/7), diplomat tinggi Korea Utara urusan Amerika Serikat mengatakan bahwa sifat latihan itu telah menjadi secara terbuka agresif, dan bahwa Pyongyang siap untuk berperang. Korea Utara biasanya menanggapi latihan itu dengan ucapan-ucapan yang keras dan ancaman pembalasan.

Fanning, yang berada di Malaysia dalam perlawatan ke kawasan itu, membantah klaim Korea Utara itu. Ia mengatakan hari Sabtu bahwa Amerika telah melakukan latihan militer dengan Korea Selatan selama puluhan tahun, dan bahwa “latihan-latihan itu turut menyumbang pada kestabilan, latihan-latihan tersebut tidak bersaing dengan kestabilan." [gp]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG