Tautan-tautan Akses

AS: Korea Utara Tarik Misil dari Pantai Timur


Dalam foto yang dirilis oleh media pemeritah Korea Utara, KCNA ini, sebuah roket tengah ditembakkan dalam sebuah latihan militer Korea Utara di tempat yang dirahasiakan (foto: dok).

Dalam foto yang dirilis oleh media pemeritah Korea Utara, KCNA ini, sebuah roket tengah ditembakkan dalam sebuah latihan militer Korea Utara di tempat yang dirahasiakan (foto: dok).

Para pejabat Amerika yakin Korea Utara telah menarik dua misil jarak menengah dari status "bakal diluncurkan", ke langkah yang tampaknya ditempuh untuk meredakan ketegangan di semenanjung Korea.

Berbicara dengan tidak mengungkapkan nama mereka Senin malam (6/5), para pejabat pertahanan Washington DC mengatakan Pyongyang baru-baru ini memindahkan dua misil Musudan dari tempat peluncuran di pantai timur negara itu. Media Korea Selatan juga melaporkan pemindahan tersebut.

Washington semula sudah memperingatkan bahwa Korea Utara kemungkinan akan meluncurkan misil Musudan yang belum diuji-coba itu, yang diperkirakan mampu mencapai jarak hingga 3.500 kilometer dan dapat mencapai beberapa sarana Amerika Serikat di kawasan itu.

Daniel Russel, Direktur Senior Masalah Asia Gedung Putih, mengatakan masih terlalu dini untuk merayakan pemindahan itu sebagai “kabar baik,” dan memperingatkan bahwa para pejabat Amerika tidak dapat menutup kemungkinan uji-coba tersebut.

Korea Utara telah mengurangi ketajaman kecaman-kecamannya, setelah berminggu-minggu mengeluarkan ancaman serangan nuklir dan konvensional terhadap Amerika dan Korea Selatan.

Pemindahan itu juga terjadi tidak lama sebelum Presiden Korea Selatan Park Geun-hye bertemu hari ini di Washington dengan Presiden Amerika Barack Obama, untuk melakukan pembicaraan yang kemungkinan besar untuk membahas masala terkait Pyongyang.
XS
SM
MD
LG