Tautan-tautan Akses

AS

AS, Korea Selatan Akan Mulai Latihan Perang Bersama


Marinir AS dan Korea Selatan dalam latihan militer gabungan di Pohang, bagian selatan Seoul. (Foto: Dok)

Marinir AS dan Korea Selatan dalam latihan militer gabungan di Pohang, bagian selatan Seoul. (Foto: Dok)

Key Resolve, yang sebagian besar merupakan latihan simulasi komputer, dan Foal Eagle, latihan lapangan yang lebih besar, akan dimulai 2 Maret.

Amerika Serikat dan Korea Selatan akan memulai latihan militer bersama tahunan awal Maret, demikian diumumkan Seoul, Selasa (24/2), tindakan yang pasti akan menimbulkan kemarahan Korea Utara.

Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan Key Resolve, yang sebagian besar merupakan latihan simulasi komputer, dan Foal Eagle, latihan lapangan yang lebih besar, akan dimulai 2 Maret.

Latihan perang itu adalah sumber ketegangan yang permanen di semenanjung Korea. Pyongyang memandang latihan itu sebagai persiapan serangan. Seoul dan Washington berkeras mengatakan bahwa latihan itu bersifat pencegahan.

Sebelumnya bulan ini, Pyongyang menawarkan untuk sementara menghentikan percobaan senjata nuklirnya kalau Amerika dan Korea Selatan membatalkan latihan militer.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Seoul, Kim Min-seok, mengatakan dalam jumpa pers Selasa bahwa sikap dan ucapan provokatif Korea Utara tidak berdampak.

Kim mengatakan Seoul telah memberitahu Korea Utara mengenai latihan yang direncanakan itu, tetapi belum menerima tanggapan.

XS
SM
MD
LG