Tautan-tautan Akses

AS

AS Konfirmasi Tewasnya Jurnalis oleh Militan ISIS


Jurnalis AS, James Wright Foley yang tewas dibunuh oleh militan ISIS saat berada di Benghazi, Libya (foto: dok).

Jurnalis AS, James Wright Foley yang tewas dibunuh oleh militan ISIS saat berada di Benghazi, Libya (foto: dok).

Kelompok militan ISIS merilis video hari Selasa (19/8), mengklaim mereka telah membunuh jurnalis James Foley sebagai pembalasan serangan udara AS di Irak utara.

Para pejabat intelijen AS hari Rabu (20/8) mengkonfirmasi keaslian video mengerikan, yang menunjukkan pemenggalan jurnalis Amerika, James Foley oleh kelompok militan ISIS.

Kelompok ekstremis Sunni merilis video Internet hari Selasa (19/8), mengklaim bahwa mereka telah membunuh Foley sebagai pembalasan atas serangan udara AS menargetkan pejuang kelompok itu di Irak utara.

Militan dalam video itu juga mengaku menyandera wartawan Amerika yang lain, Steven Sokoloff, yang hidupnya kata mereka tergantung pada bagaimana Presiden Barack Obama bertindak.

Ahli intelijen AS "telah mencapai keputusan bahwa video itu otentik," kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional Caitlin Hayden

Kelompok militan Negara Islam (ISIS) mengatakan bahwa pemenggalan kepala wartawan AS James Foley itu sebagai pesan kepada Amerika agar menghentikan intervensi di Irak.

Ibu Foley, Diane, mendesak para militan ISIS untuk tidak menganiaya sandera lainnya, dan mengatakan mereka "tak berdosa" yang tidak ada hubungannya dengan tindakan pemerintah Amerika di Irak dan Suriah.

Diane mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dimuat di Facebook bahwa anaknya "memberikan hidupnya untuk berusaha memaparkan kepada dunia tentang penderitaan rakyat Suriah."

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG