Tautan-tautan Akses

AS Kirim F-16 ke Pangkalan Udara Turki untuk Perangi ISIS


Enam pesawat F-16 Fighting Falcons dari Pangkalan Udara Aviano, Italia, tiba di Pangkalan Udara Incirlik, Turki (9/8).

Enam pesawat F-16 Fighting Falcons dari Pangkalan Udara Aviano, Italia, tiba di Pangkalan Udara Incirlik, Turki (9/8).

Militer AS mengatakan telah mengirim sejumlah pesawat tempur F-16 ke pangkalan udara Turki untuk digunakan dalam serangan udara koalisi melawan militan ISIS di Irak dan Suriah.

Ankara bulan lalu membuka Pangkalan Udara Incirlik untuk pertempuran melawan ISIS, sementara pada saat yang sama memulai serangan udaranya terhadap ISIS dan kelompok separatis Kurdi (PKK).

Enam pesawat F-16 diberangkatkan dari Pangkalan Udara Aviano di Italia, bersama dengan 300 personil, menurut pernyataan dari Incirlik.

Serangan udara yang dipimpin AS terhadap ISIS berlanjut Senin dini hari, dengan 16 serangan udara di Irak dan tujuh di Suriah.

Pentagon mengatakan pasukan AS melancarkan serangan pertama mereka terhadap ISIS dari Turki ke Suriah dengan pesawat nirawak Rabu pekan lalu - hari yang sama pesawat nirawak Amerika dan pesawat-pesawat tempur lainnya mulai tiba di Turki bagian selatan.

Turki dan Amerika Serikat berencana melangsungkan aksi militer gabungan untuk menumpas militan ISIS dari daerah di Suriah dekat perbatasan dengan Turki.‚Äč

Pekan lalu menandai setahun sejak dimulainya aksi militer pimpinan AS terhadap daerah-daerah kekuasaan kelompok ekstremis tersebut di Irak, sebelum serangan udara diperluas ke Suriah.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG