Tautan-tautan Akses

AS

Anggota Legislatif AS Khawatir Serangan Peretas Rusia


Seorang pemilih AS memberikan suara pemilu lebih awal di Hialeah, Florida (foto: ilustrasi). Para pejabat AS khawatir peretas Rusia akan mengacaukan pilpres AS November mendatang.

Seorang pemilih AS memberikan suara pemilu lebih awal di Hialeah, Florida (foto: ilustrasi). Para pejabat AS khawatir peretas Rusia akan mengacaukan pilpres AS November mendatang.

Para pejabat AS yakin para peretas Rusia telah menerobos database pemilih di negara bagian Arizona dan Illinois awal tahun ini.

Para anggota legislatif Amerika dari kedua partai mengatakan kepada VOA mereka tidak punya alasan untuk meragukan bahwa para peretas Rusia menyasar infrastruktur pemilu Amerika mungkin untuk mengacaukan atau menjatuhkan kepercayaan dalam pemilu Amerika.

“Saya kira tidak berlebihan karena Rusia sudah terlibat dalam serangan-serangan dunia maya terhadap Amerika,” kata Senator dari Partai Republik John Cornyn dari Texas.

“Ini sudah diketahui dengan baik oleh para pakar keamanan nasional kita. Jadi saya tidak terkejut,” tambahnya.

Sementara, Senator Ben Cardin, seorang legislator Demokrat dari Maryland mengatakan, “Kita tahu Rusia sangat aktif dalam serangan-serangan dunia maya di Amerika dan kita tahu mereka selalu menggali informasi. Tidak ada yang mengejutkan saya mengenai Rusia.”

Pejabat federal yakin para peretas Rusia menerobos database pemilih di Arizona dan Illinois awal tahun ini dan mendesak ke 50 negara bagian agar waspada.

"Ada peningkatan kecanggihan penyerang dunia maya di semua lini, apakah itu pelaku negara, atau sekedar penjahat,” kata Menteri Keamanan Dalam Negeri Jeh Johnson pada televisi MSNBC.

“Jadi kita ingin memberitahu pejabat-pejabat pemilu negara bagian mengenai apa yang kita saksikan pada tingkat nasional sebagai praktik terbaik,” ujarnya. [my/ds]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG