Tautan-tautan Akses

AS Kerahkan 80 Personel Militer ke Chad


Warga Nigeria menuntut pembebasan siswi yang diculik oleh Boko Haram dari Chibok, Abuja (13/5).
Warga Nigeria menuntut pembebasan siswi yang diculik oleh Boko Haram dari Chibok, Abuja (13/5).

Obama mengatakan personel militer Amerika itu akan membantu operasi intelijen, pengintaian dan pesawat pengintai di angkasa Nigeria utara dan di daerah sekitarnya.

Presiden AS Barack Obama telah mengerahkan 80 personel militer Amerika ke Chad untuk membantu mencari lebih 250 siswi sekolah yang diculik oleh militan Islamis bulan lalu di negara tetangganya, Nigeria.

Dalam sepucuk surat Rabu (21/5) kepada Kongres Amerika, Obama mengatakan personel militer Amerika itu akan membantu operasi intelijen, pengintaian dan pesawat pengintai di angkasa Nigeria utara dan di daerah sekitarnya. Ia mengatakan pasukan itu akan tetap berada di Chad untuk mencari anak-anak tersebut sampai mereka tidak lagi dibutuhkan.

Pentagon mengatakan pengerahan itu akan terdiri dari personel Angkatan Udara yang mengoperasikan pesawat tak berawak dari Chad. Para pejabat Departemen Luar negeri Amerika dan para penyelidik federal juga membantu pencarian itu.

Anak-anak perempuan itu diculik oleh militan Boko Haram pada 14 April dari asrama sekolah di daerah terpencil dekat perbatasan Nigeria dengan Kamerun, Niger dan Chad. Tempat mereka berada masih belum diketahui.
XS
SM
MD
LG