Tautan-tautan Akses

AS Kenakan Sanksi terhadap Pemimpin Taliban


Adam Szubin, pejabat Wakil Menteri untuk urusan Terorisme dan Keuangan AS, mengumumkan sanksi terhadap pemimpin Taliban Selasa 20/10 (foto: dok).

Adam Szubin, pejabat Wakil Menteri untuk urusan Terorisme dan Keuangan AS, mengumumkan sanksi terhadap pemimpin Taliban Selasa 20/10 (foto: dok).

Pemerintah Amerika menjatuhkan sanksi terhadap seorang pemimpin Taliban dan penggalang dana hari Selasa (20/10).

Amerika menjatuhkan sanksi kepada seorang pemimpin Taliban dan penggalang dana, hari Selasa, yang katanya membantu rencana serangan militer di Afghanistan, memerintahkan pembunuhan terhadap para pemimpin pemerintah Afghanistan dan menggalang dana jutaan dolar untuk kelompok militan itu.

Torek Agha disebut seorang "Teroris khusus duniaā€¯ atau SDGT oleh Departmen Keuangan, suatu tindakan yang memungkinkan pemerintah Amerika membekukan harta atau kepentingannya yang ada di Amerika. Departemen Keuangan juga melarang transaksi apapun oleh warga Amerika dengan Agha, kata sebuah pernyataan Departemen Keuangan.

Departmen Keuangan mengatakan, Torek Agha diperkirakan mengumpulkan empat juta dolar dari penyumbang di negara-negara Teluk Persia untuk Taliban pada tahun 2010 dan dua juta dolar pada tahun 2009.

"Torek Agha, anggota lama Taliban yang menjadi pelopor serangan-serangan militer yang brutal, menggalang dana jutaan dolar untuk membantu tindakan kejam teroris Taliban" kata Adam Szubin, pejabat Wakil Menteri untuk urusan Terorisme dan Keuangan.

Agha menjabat sebagai pemimpin dan sebuah dewan yang mengawasi kegiatan Taliban di Afghanistan Selatan dan Barat, kata Departmen Keuangan. Ia adalah pemimpin penting dan anggota dewan militer Taliban dan kelompok lain yang bertanggung jawab bagi perencanaan strategi dan operasi logistik.

"Ia adalah seorang dari empat pemimpin senior Taliban yang pada awal tahun 2012, memerintahkan penggunaan bubuk kimia yang tak dikenal untuk membunuh beberapa pejabat senior pemerintah Afghanistan" kata Departmen Keuangan. [ps/ii]

XS
SM
MD
LG