Tautan-tautan Akses

AS

AS Kenakan Sanksi Baru terhadap Iran


Presiden Barack Obama berbicara tentang pembebasan warga Amerika oleh Iran, 17 Januari 2016, di Cabinet Room, Gedung Putih, Washington.

Presiden Barack Obama berbicara tentang pembebasan warga Amerika oleh Iran, 17 Januari 2016, di Cabinet Room, Gedung Putih, Washington.

AS mengenakan sanksi baru terkait program misil balistik Iran, menurut Departemen Keuangan AS, hari Minggu (17/1), beberapa jam setelah pengukuhan bahwa beberapa warga AS yang ditahan di Iran telah dibebaskan dan sedang dalam perjalanan ke Eropa.

Amerika akan mengenakan sanksi terhadap 5 warga Iran dan jaringan perusahaan yang berbasis di Uni Arab Emirat Arab dan China karena ada tuduhan bahwa mereka telah membantu program misil balistik Iran.

Pemerintahan Obama selama berbulan-bulan secara terbuka telah menyebut tentang tanggapan atas dua percobaan misil balistik Iran tahun 2015 yang melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB. Percobaan itu mendatangkan seruan para anggota Kongres Amerika untuk memberlakukan sanksi lagi terhadap Teheran.

Pengumunan Departemen Keuangan Amerika itu dikeluarkan sehari setelah Amerika setuju mencabut sanksi yang berhubungan dengan program nuklir Iran, sesuai dengan persetujuan multilateral yang dicapai bulan Juli.

“Program misil balistik Iran merupakan ancaman besar terhadap keamanan regional dan global, dan ini akan terus dapat dikenakan sanksi internasional,” kata Adam J. Szubin, penjabat pimpinan Direktorat Jenderal urusan Terorisme dan Intelijen Keuangan, dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh Departmen Keuangan. [gp]

XS
SM
MD
LG