Tautan-tautan Akses

AS

AS Kenakan Bea Impor atas Menara Kincir Angin Tiongkok


AS menuduh Tiongkok memberikan subsidi berlebihan terhadap industri kincir anginnya (foto: dok).

AS menuduh Tiongkok memberikan subsidi berlebihan terhadap industri kincir anginnya (foto: dok).

Departemen Perdagangan AS akan menarik bea impor atas kincir angin buatan Tiongkok dan mesin cuci Korea Selatan, atas tuduhan industri tersebut menerima subsidi pemerintah yang tidak adil.

Amerika Serikat telah mengenakan bea-impor atas menara kincir-angin dari Tiongkok, dan menuduh Beijing secara tidak adil mensubsidinya.

Departemen Perniagaan Amerika mengatakan hari Rabu bahwa Amerika akan memungut bea dari importir kincir angin Tiongkok di pelabuhan dimana barang tersebut masuk ke Amerika Serikat. Menara kincir angin yang tinggi itu memegang kincir dan komponen lain yang digunakan untuk membangkit listrik.

Pejabat Amerika menuduh pemerintah Tiongkok mensubsidi paberik menara kincir angin, yang membuat produk Tiongkok lebih murah di pasar dunia dibanding barang Amerika.

Amerika Serikat mengimpor menara Tiongkok yang bernilai kira-kira 222 juta dolar AS tahun lalu.

Dua minggu lalu, Amerika mengenakan bea impor anti-dumping atas panel surya Tiongkok juga karena tuduhan subsidi yang tidak adil. Tiongkok mengecam bea itu, dengan mengatakan Amerika Serikat sedang menempuh kebijakan perdagangan proteksionis.

Departemen Perniagaan juga mengumumkan bea atas mesin cuci pakaian buatan Korea Selatan. Sekali lagi, Amerika menuduh subsidi pemerintah yang tidak adil sebagai alasan mengenakan bea itu. Mesin cuci buatan Daewoo Electronics Korea paling berat terkena bea. Paberik mesin cuci Amerika Whirlpool mengajukan tuduhan terhadap perusahaan-perusahaan Korea itu.
XS
SM
MD
LG