Tautan-tautan Akses

AS Kecewa dengan Vonis terhadap Mantan Mendagri Ukraina


Mantan Mendagri Ukraina Yuriy Lutsenko menatap keluar dari dalam selnya saat berlangsung persidangannya di Kiev, Februari lalu.

Mantan Mendagri Ukraina Yuriy Lutsenko menatap keluar dari dalam selnya saat berlangsung persidangannya di Kiev, Februari lalu.

Kedubes AS di Kiev mengatakan tuntutan terhadap Yuriy Lutsenko, menimbulkan keprihatinan serius tentang komitmen Ukraina terhadap supremasi hukum.

Amerika mengatakan kecewa dengan putusan pengadilan atas mantan Menteri Dalam Negeri Ukraina Yuriy Lutsenko yang dikeluarkan Jumat (17/8) dan menyebutnya sebagai "penuntutan bermotif politik terhadap anggota oposisi."

Dalam pernyataannya, Kedutaan Besar Amerika Serikat di Kiev mengatakan tuntutan terhadap Lutsenko dan sekutu dekatnya, pemimpin oposisi yang dipenjarakan Yulia Tymoshenko, menimbulkan keprihatinan serius tentang komitmen Ukraina bagi demokrasi dan supremasi hukum.

Sebuah pengadilan di Kiev memutuskan Lutsenko bersalah karena secara tidak benar memperpanjang penyelidikan anti-korupsi. Ia dihukum dua tahun penjara, tetapi hukuman itu dibatalkan karena dia telah menjalani hukuman empat tahun atas tuduhan penggelapan dan penyalahgunaan jabatan.

Tymoshenko menjalani hukuman tujuh tahun setelah didakwa terlibat dalam penyalahgunaan jabatan tahun 2011 ketika ia menjadi perdana menteri. Ia telah menyangkal tuduhan tersebut.
XS
SM
MD
LG