Tautan-tautan Akses

AS Kecewa Pemerintah China Tutup Acara Tanya Jawab Online


Kantor Deplu AS di Washington DC (foto: dok). Deplu AS menyampaikan kekecewaan atas keputusan China menghapus acara tanya jawab online.

Kantor Deplu AS di Washington DC (foto: dok). Deplu AS menyampaikan kekecewaan atas keputusan China menghapus acara tanya jawab online.

Deplu AS menyampaikan kekecewaan dengan keputusan China menghapus acara tanya jawab online dengan para pejabat AS.

Departemen Luar Negeri Amerika menyampaikan kekecewaan Selasa (24/5) dengan keputusan China yang menghapus acara tanya jawab yang singkat online, yang memungkinkan masyarakat China bertanya kepada para pejabat Amerika tentang kehidupan sehari-hari di Amerika.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika, Ory Abramowicz mengatakan kedutaan Amerika di Beijing diminta dalam acara tanya jawab melalui situs web Zhihu untuk ikut dalam acara online itu. Dia juga mengatakan, keterlibatan Amerika adalah sesuai dengan peran kedutaan Amerika di China melalui diplomasi publik.

Sebuah versi dari situs yang melalui Google menunjukkan lebih dari 40 pertanyaan pada topik-topik mulai dari bagaimana membeli tiket murah untuk pertunjukan teater di New York, budaya pantai California dan izin untuk truk-truk penjual makanan yang beroperasi di kota-kota besar Amerika . Setidaknya empat diplomat dan dua akademisi Amerka memberikan jawaban.

Situs ini menunjukkan bahwa acara itu dilihat lebih dari satu juta kali dan diikuti oleh hampir 27.000 orang sebelum hilang pekan lalu.

The Wall Street Journal menyebut cerita terpisah terkait dengan Liga Pemuda Komunis di mana komentar-komentar dari pengguna internet China menuduh para diplomat Amerika melancarkan "perang opini publik." Journal itu mengatakan situs Zhihu tersebut hilang tidak lama setelah muncul kritik dari Liga Pemuda Komunis. [sp]

XS
SM
MD
LG