Tautan-tautan Akses

AS Kecewa atas Pelaksanaan Pemilu Parlemen Mesir


Para aktivis oposisi melakukan unjuk rasa di Kairo atas pelaksanaan pemilu Mesir hari Minggu lalu.

Para aktivis oposisi melakukan unjuk rasa di Kairo atas pelaksanaan pemilu Mesir hari Minggu lalu.

Pejabat Gedung Putih, Mike Hammer mengatakan AS kini mengevaluasi laporan mengenai berbagai keluhan dalam pemilu Mesir hari Minggu.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih Mike Hammer mengatakan Amerika kini mengevaluasi laporan permasalahan termasuk ketidak beresan penghitungan suara, tidak adanya pemantau internasional dan seperti dikatakannya “banyaknya masalah yang dijumpai para pemantau dalam negeri”.

Dalam pernyataan hari Selasa, Hammer menyebut laporan soal pelaksanaan pemilu di Mesir itu “mengkhawatirkan”.

Hasil-hasil pendahuluan menunjukkan kemenangan besar bagi Partai Demokrat Nasional yang berkuasa. Namun kelompok-kelompok oposisi mengatakan pemungutan suara itu tidak adil. Hasil-hasil resmi diperkirakan akan diperoleh Selasa.

Partai oposisi, Persaudaraan Muslim yang memenangkan 1/5 kursi dalam pemilu tahun 2005 mengatakan tidak satupun calonnya memenangkan kursi dalam putaran pertama pemilu hari Minggu.

Namun dalam pernyataan hari Selasa, dikatakan lebih dari 20 calonnya akan berpartisipasi dalam pemilu putaran kedua 5 Desember. Juga wakil ketua Mahmoud Ezzat mengatakan Partai tersebut tetap akan membantu warga Mesir meskipun anggota-anggota partainya tidak duduk di Parlemen.

XS
SM
MD
LG