Tautan-tautan Akses

AS

AS Kecam Reklamasi China di Laut Cina Selatan


Menteri Pertahanan AS Ashton Carter memberikan sambutan dalam KTT Keamanan Asia (IISS) di Singapura (30/5).

Menteri Pertahanan AS Ashton Carter memberikan sambutan dalam KTT Keamanan Asia (IISS) di Singapura (30/5).

Dalam konferensi keamanan tingkat tinggi di Singapura, Sabtu (30/5), Menteri Pertahanan AS Ashton Carter mengatakan bahwa Amerika sangat prihatin tentang prospek militerisasi lebih lanjut di pulau-pulau buatandi Laut Cina Selatan.

Menteri Pertahanan AS Ashton Carter mengatakan reklamasi lahan oleh China di Laut Cina Selatan adalah "melanggar batas aturan-aturan internasional" dan Amerika menentang "setiap kelanjutan militerisasi" di wilayah yang disengketakan.

Ashton Carter mengatakan dalam konferensi keamanan tingkat tinggi di Singapura, Sabtu (30/5), bahwa Amerika sangat prihatin tentang skala pembangunan pulau oleh China dan prospek militerisasi lebih lanjut di pulau-pulau buatan tersebut.

Ia mengatakan hal itu kepada para pejabat pertahanan dari seluruh Asia Pasifik yang menghadiri forum keamanan Dialog Shangri-La, meskipun negara-negara pengklaim lainnya di wilayah itu telah mendirikan pos-pos di pulau Spratley yang disengketakan, China sudah lebih jauh dan lebih cepat dibanding lainnya, mereklamasi lebih dari 800 hektar lahan hanya dalam waktu 18 bulan.

Seorang delegasi militer China untuk Forum tersebut, Kolonel Senior Zhao Xiazhuo dari Akademi Ilmu Militer China, mengatakan pernyataan itu "tidak beralasan."

XS
SM
MD
LG