Tautan-tautan Akses

AS Kecam Penahanan Tokoh Oposisi Iran


Juru Bicara Gedung Putih Jay Carney menyampaikan seruan pembebasan Mir Hossein Mousavi dan Mehdi Karroubi dari tahanan Iran, Senin (28/2).

Juru Bicara Gedung Putih Jay Carney menyampaikan seruan pembebasan Mir Hossein Mousavi dan Mehdi Karroubi dari tahanan Iran, Senin (28/2).

Gedung Putih menyampaikan kecamannya terhadap pemerintah Iran atas penahanan terhadap dua tokoh oposisi dan isteri mereka.

Amerika Serikat mengecam penahanan dua orang tokoh oposisi di Iran, menyebutnya tidak dapat diterima dan menyerukan pembebasan mereka.

Juru Bicara Gedung Putih Jay Carney mengatakan demikian, Senin, setelah situs internet oposisi Iran mengatakan pihak berwenang telah memindahkan para tokoh oposisi Mir Hossein Mousavi, Mehdi Karroubi dan isteri mereka ke sebuah penjara di Teheran.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton juga mengecam Iran dengan menuduh Iran melakukan penindakan sitematis terhadap oposisi.

Pemerintah Iran sebelumnya mengenakan tahanan rumah terhadap kedua tokoh reformis terkemuka tersebut setelah mereka menyerukan rapat umum oposisi pada tanggal 14 Februari sebagai tanda solidaritas bagi pergolakan anti-pemerintah yang berlangsung di berbagai negara di dunia Arab. Pemerintah Iran melarang rapat umum tersebut dan memerintahkan pasukan kemanan membubarkan mereka. Insiden tersebyt menyulut kekerasan dan menewaskan dua orang.

Kantor berita dari Iran, Fars, mengatakan seorang pejabat kehakiman membantah klaim oposisi bahwa Mousavi dan Karroubi telah dipindahkan ke penjara Heshmatieh Teheran. Pejabat tersebut pada hari Senin mengatakan kedua tokoh tersebut tetap berada dalam tahanan rumah dengan kontak yang terbatas dengan dunia luar.

Para aktivis oposisi telah menyerukan protes yang akan diadakan setiap hari Selasa untuk menuntut pembebasan reformis terkemuka itu.

XS
SM
MD
LG