Tautan-tautan Akses

AS Kecam Pemerintah China Karena Sponsori Serangan Dunia Maya


Menteri Keuangan AS Jack Lew (kiri) dan Wakil Perdana Menteri China Wang Yang tiba di Dialog Strategis dan Ekonomi (S&ED) di Washington, D.C. (23/6). (Reuters/Yuri Gripas)

Menteri Keuangan AS Jack Lew (kiri) dan Wakil Perdana Menteri China Wang Yang tiba di Dialog Strategis dan Ekonomi (S&ED) di Washington, D.C. (23/6). (Reuters/Yuri Gripas)

Menteri Keuangan Jack Lew mengeluarkan komentar tersebut hari Rabu (24/6) pada hari kedua pembicaraan keamanan dan ekonomi tingkat tiggi dengan para pejabat China.

Amerika Serikat mengecam China karena melakukan serangan dunia maya yang disponsori pemerintah, tuduhan keras yang dikeluarkan sementara pihak berwenang di Washington terus menyelidiki peretasan besar-besaran terhadap data pengawai negeri federal.

Menteri Keuangan Jack Lew mengeluarkan komentar tersebut hari Rabu (24/6) pada hari kedua pembicaraan keamanan dan ekonomi tingkat tiggi dengan para pejabat China di Washington, D.C.

“Kami tetap sangat prihatin mengenai pencurian melalui dunia-maya yang disponsori pemerintah China,” katanya.

Dalam komentar terbukanya, Lew tidak secara rinci menyebut rentetan serangan yang diungkapkan sebelumnya bulan ini, ketika peretas mengakses atau mencuri informasi personalia rahasia jutaan pegawai dan bekas pegawai pemerintah Amerika.

Pemerintahan Obama belum secara terbuka menuduh pemerintah China mendalangi serangan digital terhadap Kantor Pengelola Personalia, tetapi berbagai pejabat telah mengatakan mereka semakin yakin inilah yang terjadi.

Sebelum pembicaraan tahunan pekan ini dengan para pejabat Beijing di Washington, seorang pejabat tinggi Departemen Luar Negeri Amerika berjanji insiden peretasan itu akan dibicarakan dengan cara yang sangat langsung. Rincian pembicaraan tersebut belum diungkapkan.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG