Tautan-tautan Akses

AS

AS Kecam Pembebasan Tersangka Otak Serangan Mumbai


Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Jeff Rathke (foto: dok).

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Jeff Rathke (foto: dok).

Amerika telah mengecam keputusan Pakistan untuk membebaskan tersangka otak serangan Mumbai tahun 2008 yang menewaskan 166 orang.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika, Jeff Rathke hari Jumat (10/4) mengatakan Amerika “sangat prihatin” dengan keputusan pengadilan Pakistan untuk membebaskan dengan jaminan Zaki-ur-Rehman Lakhvi, yang sudah keluar tahanan beberapa jam sebelumnya.

Lakhvi, komandan senior kelompok militan Lashkar-e-Taiba yang berbasis di Pakistan telah dipenjara sejak Februari 2009 ketika ia bersama enam orang lainnya dikenai tuduhan terkait serangan selama 60 jam di ibukota perdagangan India itu tahun 2008.

Lakhvi awalnya menerima pembebasan dengan jaminan dalam kasus tersebut bulan Desember hanya beberapa hari setelah serangan teroris di Peshawar yang menewaskan 150 orang sebagian besar anak-anak. Pemberian pembebasan dengan jaminan setelah serangan pada sekolah tersebut menyebabkan kemarahan internasional.

Menghadapi kecaman keras itu pemerintah Pakistan menahan Lakhvi berdasarkan UU Ketertiban Umum dan sejak perintah-perintah semacam itu dikeluarkan telah ditolak oleh pengadilan-pengadilan Pakistan.

XS
SM
MD
LG