Tautan-tautan Akses

AS: Kapal yang Dicegat di Laut Arab Berasal dari Iran


Kapal Amerika, U.S.S. Forrest Sherman yang berpatroli di Laut Arab (foto: dok).

Kapal Amerika, U.S.S. Forrest Sherman yang berpatroli di Laut Arab (foto: dok).

Angkatan Laut Amerika mengatakan sebuah kapal yang dicegat minggu lalu di Laut Arab mengangkut senjata ilegal dan diyakini berlayar dari Iran.

Juru bicara AL Amerika Letnan Komandan Tim Hawkins mengatakan kepada VOA kapal kargo kecil itu tidak terdaftar secara resmi di negara manapun.

Hawkins mengatakan mereka menyita senjata ilegal yang diduga berasal dari Iran dan Rusia, termasuk senjata anti-tank. Menurutnya, sebagian besar senjata itu lalu dibuang ke laut dan sisanya dibawa untuk dianalisa oleh awak kapal U.S.S. Forrest Sherman milik Amerika yang tiba di sana tidak lama kemudian.

Hawkins mengatakan awak kapal kargo itu mengaku tujuan mereka adalah Somalia dan kapal itu diizinkan kembali berlayar setelah semua senjatanya disita.

Dalam laporan terpisah, koalisi pimpinan Arab Saudi yang bertempur melawan pemberontak Houthi di Yaman mengatakan mereka yang menggagalkan upaya penyelundupan senjata itu. Koalisi itu menduga Iran memakai kapal tersebut untuk memasok senjata bagi pemberontak. [th/ds]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG