Tautan-tautan Akses

AS Jual Senjata ke Arab Saudi Senilai 60 Milyar Dolar


Pesawat tempur F-15, salah satu persenjataan tempur yang dijual AS kepada Arab Saudi.

Pesawat tempur F-15, salah satu persenjataan tempur yang dijual AS kepada Arab Saudi.

AS melakukan transaksi senjata terbesar, dengan menjual kepada Arab Saudi sejumlah pesawat jet tempur, helikopter dan senjata lainnya.

Amerika mengatakan pihaknya kini melakukan penjualan persenjataan terbesar yang pernah dilakukannya, dengan kesediaannya menjual kepada Arab Saudi sejumlah pesawat jet tempur, helikopter penyerang dan persenjataan lainnya senilai lebih dari 60 milyar dolar.

Pejabat Departemen Luar Negeri Amerika Andrew Shapiro hari Rabu mengatakan, kesepakatan tersebut akan dilaksanakan dalam 15 sampai 20 tahun ke depan. Dalam kesepakatan itu Amerika menjual kepada sekutunya di Timur Tengahnya itu, 84 pesawat jet tempur F-15 dan 70 pesawat jet bekas yang telah dipermodern.

Kesepakatan itu juga mencakup penjualan 178 helikopter, termasuk Apache, Blackhawks dan Little Bird, juga rudal-rudal, bom, radar yang canggih dan peralatan militer lainnya.

Shapiro mengatakan penjualan tersebut mendukung “tujuan Amerika bagi keamanan yang lebih luas” di Teluk Persia. Ia juga mengatakan kesepakatan ini akan membantu pihak Arab Saudi dengan “kebutuhan legitimasi keamanan mereka”.

Para analis mengatakan penjualan ini dapat menjadi penangkal terhadap kekuatan militer Iran yang terus bertambah. Negara-negara Barat menuduh Iran kini hendak mengembangkan senjata nuklir, tetapi Iran mengatakan program nuklirnya adalah untuk tujuan damai.

XS
SM
MD
LG