Tautan-tautan Akses

AS Janjikan Bantuan untuk Tanduk Afrika


Menlu AS Hillary Clinton menjanjikan bantuan AS sebesar 58 juta dolar kepada negara-negara di Tanduk Afrika (foto: dok).
Menlu AS Hillary Clinton menjanjikan bantuan AS sebesar 58 juta dolar kepada negara-negara di Tanduk Afrika (foto: dok).

Menlu AS Hillary Clinton mengatakan Amerika Serikat akan memberi bantuan sebesar 58 juta dolar kepada negara-negara di Tanduk Afrika.

Dalam pernyataan hari Senin, Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton mengatakan situasi kemanusiaan di kawasan tersebut rapuh, dengan lebih 9 juta orang membutuhkan bantuan disebabkan konflik, banjir, kemarau dan masalah ekonomi.

Dia mengatakan bahwa meskipun kelaparan di Somalia telah berakhir, lebih dari 2 juta orang di negara itu masih membutuhkan bantuan kemanusiaan.

Konflik bertahun-tahun di Somalia serta kemarau berkepanjangan telah menyebabkan 1 juta rakyat Somalia tinggal di kawasan itu sebagai pengungsi. Lebih separuh dari pengungsi itu tinggal di negara tetangga Kenya.

Badan-badan PBB telah meminta lebih 1 milyar dolar tahun ini untuk memenuhi kebutuhan kemanusiaan Somalia.

Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan Amerika Serikat telah memberi bantuan darurat sebesar 1,3 milyar dolar sejak tahun 2011 untuk orang-orang yang membutuhkan di Somalia, Kenya, Ethiopia dan Djibouti.

Recommended

XS
SM
MD
LG