Tautan-tautan Akses

AS Janjikan Bantuan 10 Juta Dolar bagi Penyintas Chernobyl


Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika John Kirby (foto: dok).

Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika John Kirby (foto: dok).

Juru bicara Deplu AS mengatakan bantuan dana itu “akan membantu mengamankan generasi mendatang yang tinggal di daerah yang terkena dampak”.

Sewaktu Ukraina memperingati 30 tahun apa yang disebut sebagai kecelakaan nuklir terburuk di dunia, Amerika menjanjikan bantuan 10 juta dolar bagi mereka yang terkena dampak bencana Chernobyl.

Ledakan reaktor nomor empat di pembangkit nuklir Chernobyl pada 26 April 1986 memaksa evakuasi 350 ribu orang yang tinggal dan bekerja di daerah sekitar pembangkit itu.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika John Kirby mengatakan bantuan dana itu “akan membantu mengamankan generasi mendatang yang tinggal di daerah yang terkena dampak”.

Bantuan ini merupakan tambahan atas lebih dari 400 juta dolar bantuan yang dijanjikan Amerika pada upaya internasional untuk membantu Ukraina memulihkan lokasi kecelakaan itu menjadi lingkungan dan kondisi yang aman.

Sekitar 40 negara telah ikut menyumbang untuk proyek “New Safe Confinement” yang bernilai 2,3 milyar dolar, yang akan membangun tempat penampungan jangka panjang di atas gedung reaktor Chernobyl yang sudah dihancurkan. Begitubangunan itu berdiri, akan dimulai pekerjaan untuk memindahkan reaktor dan limbah radioaktif seperti lava.

Secara resmi korban tewas akibat kecelakaan itu adalah 31 orang, tetapi ribuan orang meninggal akibat penyakit-penyakit terkait radiasi seperti kanker. Jumlah keseluruhan korban tewas dan dampak kesehatan jangka panjang masih diperdebatkan. [em]

XS
SM
MD
LG