Tautan-tautan Akses

AS

AS Janjikan 3 Miliar Dolar bagi Keamanan Pangan Afrika


Presiden Obama (tengah) diapit oleh Presiden Perancis Francois Hollande (kiri) dan PM Inggris David Cameron (kanan) dalam jamuan makan di Camp David, Maryland (19/5).

Presiden Obama (tengah) diapit oleh Presiden Perancis Francois Hollande (kiri) dan PM Inggris David Cameron (kanan) dalam jamuan makan di Camp David, Maryland (19/5).

Presiden Obama mengumumkan kemitraan global baru yang melibatkan sektor swasta guna meningkatkan keamanan pangan di Afrika.

Presiden Obama mengumumkan upaya kemitraan global baru itu di Washington hari Jumat selagi para pemimpin negara G8 (Amerika, Inggris, Jerman, Perancis, Italia, Jepang, Canda dan Russia) bersiap-siap mengadakan KTT ekonomi tahunannya di Camp David tempat peristirahatan kepresidenan di luar Washington.

Presiden Obama mengatakan 45 perusahaan dari perusahaan besar internasional sampai perusahaan dan koperasi Afrika telah menjanjikan bantuan sebesar tiga miliar dolar lebih untuk membantu meningkatkan pertanian. Tapi Presiden Obama menegaskan bahwa komitmen sektor swasta itu tidak dimaksudkan sebagai pengganti bantuan dan mengatakan Amerika akan terus melakukan investasi bersejarah dalam pembangunan. Menurut Obama, Amerika punya kewajiban moral untuk memimpin perang melawan kelaparan dan malnutrisi.

Presiden Obama mengatakan janji dari perusahaan-perusahaan swasta itu dan sumbangan dari negara-negara donor dimaksudkan untuk meningkatkan pendapatan petani dan membantu 50 juta orang untuk keluar dari kemiskinan dalam 10 tahun mendatang.

Presiden Obama menyambut para pemimpin dari Ethiopia, Ghana dan Tanzania dalam pidatonya di Washington yang dikatakannya akan menjadi tiga negara pertama penerima program itu. Ketua Uni Afrika dan presiden Benin, Thomas Boni Yayi, yang juga hadir dalam pidato itu bersama rekannya pemimpin Afrika akan ikut dalam apa yang digambarkan Presiden Obama sebagai sidang khusus G8 pada hari Sabtu yang khusus membahas tantangan keamanan pangan.

Setelah pidato itu Presiden Obama menyambut Presiden baru Perancis Francois Hollande di Gedung Putih untuk pertemuan langsung mereka yang pertama. Hollande yang baru dilantik minggu ini menyerukan perubahan dalam fokus Eropa sekarang mengenai penghematan menjadi pembahasan krisis hutang di wilayah zona euro.

Berbicara kepada wartawan setelah pertemuan itu, Presiden Obama mengatakan sebagian besar pembicaraannya dengan Presiden Hollande berpusat pada situasi di zona Euro. Obama mengatakan mereka sepakat bahwa hal itu masalah yang sangat penting bukan saja bagi warga Eropa tapi juga perekonomian dunia.

Perjanjian penghematan menyebabkan kebuntuan politik di Yunani yang dilanda masalah keuangan dimana para pemilih menolak partai-partai politik yang menyepakati pemangkasan tajam anggaran sebagai imbalan bagi bantuan keuangan.

Kanselir Jerman Angela Merkel, penggerak utama perjanjian penghematan Zona Euro akan bergabung dengan Presiden Obama dan Presiden Hollande di Camp David, ditambah para pemimpin Canada, Inggris, Italia, Jepang dan Russia. Perdana Menteri Russia Dmitri Medvedev hadir mewakili Presiden Vladimir Putin.

Penasehat Keamanan Amerika Tom Donilon mengatakan kepada wartawan hari Kamis para pemimpin negara G8 diperkirakan akan membahas pasar minyak global, energi dan iklim, transisi di Timur Tengah dan Afrika Utara serta krisis hutang zona Euro selama KTT dua hari itu.

Presiden Hollande juga akan berperan penting dalam KTT NATO yang akan dimulai hari Minggu di kota asal Presiden Obama, Chicago. Presiden baru Perancis itu berjanji akan menarik seluruh tentaranya dari Afghanistan menjelang akhir tahun ini, dua tahun sebelum semua pasukan NATO dijadwalkan untuk meninggalkan negara itu.

Donilon mengatakan pertemuan aliansi itu adalah kesempatan untuk membahas transisi pasukan Afghanistan mengambil alih memimpin keamanan dari pasukan internasional. Ia menambahkan perundingan itu akan didasarkan pada kemajuan yang telah dibuat dan rencana-rencana yang disampaikan Presiden Obama dalam kunjungan baru-baru ini ke Afghanistan.

Presiden Obama dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden Afghanistan Hamid Karzai disela-sela perundingan hari Minggu. Menurut Danilon, hingga saat ini belum ada rencana Presiden Obama untuk mengadakan pertemuan pribadi dengan Presiden Pakistan Asif Ali Zardari.
XS
SM
MD
LG