Tautan-tautan Akses

AS Janji Bantu Perangi Narkoba di Karibia


Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton

Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton

Menlu AS Hillary Clinton mengatakan hal itu saat meresmikan kemitraan keamanan AS-Karibia yang dinamai Prakarsa Keamanan Celung Karibia.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton bertemu dengan para pejabat dari beberapa negara Karibia di Barbados dan menjanjikan dukungan Amerika seterusnya untuk memerangi perdagangan narkoba dan masalah keamanan lainnya di kawasan tersebut.

Menteri Clinton berkomentar demikian hari Kamis saat ia dan anggota-anggota Komunitas Karibia meresmikan kemitraan keamanan kawasan yang baru, dikenal sebagai Prakarsa Keamanan Celung Karibia.

Prakarsa itu menetapkan dana sebesar 124 juta dollar untuk periode dua tahun guna membantu negara-negara itu untuk memerangi perdagangan gelap narkoba dan senjata ringan. Para pejabat juga mengatakan tujuan lainnya adalah untuk memperkuat kapasitas pertahanan regional, penegakan hukum dan lembaga-lembaga lainnya untuk mencegah dan mengadili unsur-unsur kriminal yang beroperasi di Karibia.

Pertemuan hari Kamis itu berlangsung menyusul kekerasan mematikan di Jamaika, di mana pihak berwenang bulan lalu menggerebek sebuah perkampungan kumuh di ibukota, Kingston, untuk mencari seorang tersangka gembong narkoba yang dicari oleh Amerika. Pencarian atas Christopher "Dudus" Coke itu setidaknya menewaskan 73 orang. Coke - yang dicari karena tuduhan penyelundupan narkoba dan senjata - kini masih buron.

XS
SM
MD
LG