Tautan-tautan Akses

AS Jajaki Kemungkinan Tempatkan Pasukan Militer di Kuwait


Pangkalan Angkatan Udara AS Al-Udeid di Qatar, salah satu negara Teluk Persia lainnya (foto: dok).

Pangkalan Angkatan Udara AS Al-Udeid di Qatar, salah satu negara Teluk Persia lainnya (foto: dok).

Pertimbangannya, menurut harian The New York Times, adalah lokasi Kuwait yang strategis di Teluk Persia dekat dengan Irak dan Iran.

Pemerintah Amerika sedang berunding dengan Kuwait untuk menempatkan pasukan Amerika yang ditarik dari Irak di negara itu.

Harian The New York Times melaporkan bahwa perundingan itu adalah bagian dari rencana Amerika meningkatkan kehadirannya di Teluk Persia, supaya Amerika bisa bertindak cepat apabila terjadi konfrontasi dengan Iran atau kekacauan timbul lagi di Irak.

Selain menempatkan pasukan di Kuwait, Amerika juga sedang mempertimbangkan untuk mengirim lebih banyak kapal perang ke perairan internasional di kawasan itu, tapi jumlah pasukan siaga itu belum ditentukan.

Belum ada konfirmasi tentang laporan yang dimuat harian The New York Times itu, yang ditulis berdasarkan wawancara dengan pejabat-pejabat militer dan diplomat yang tidak disebut namanya.

Amerika telah membahas berbagai rencananya di kawasan Teluk Persia sejak berbulan-bulan, tapi menurut The New York Times, rancangan itu semakin dianggap penting setelah presiden Barack Obama mengumumkan akan menarik semua pasukan Amerika dari Irak akhir tahun ini.

The New York Times juga mengatakan pemerintah Amerika sedang berusaha meningkatkan hubungan dan kerjasama militer dengan negara-negara yang tergabung dalam Dewan Kerjasama Teluk Persia, yaitu Saudi Arabia, Kuwait, Bahrain, Qatar, Emirat Arab Bersatu dan Oman.

XS
SM
MD
LG