Tautan-tautan Akses

AS

AS Izinkan Layanan Feri Dari dan Ke Kuba


Mantan pilot angkatan udara, Brian Hall, pengusaha yang ingin membuka layanan feri antara Marathon Marina di Marathon, Florida, dan Kuba.

Mantan pilot angkatan udara, Brian Hall, pengusaha yang ingin membuka layanan feri antara Marathon Marina di Marathon, Florida, dan Kuba.

Layanan feri antara AS dan Kuba tersedia secara umum pada tahun-tahun sebelum revolusi komunis pada 1959 yang dipimpin Fidel Castro.

Pemerintahan Obama telah mengambil langkah maju lainnya dalam upaya menormalisasi hubungan dengan Kuba dengan memulihkan layanan feri komersial antara mantan rival Perang Dingin tersebut.

Departemen Keuangan AS telah mengeluarkan izin untuk setidaknya empat perusahaan untuk kapal penumpang dan kargo sepanjang jalur 150 kilometer dari ujung selatan Florida ke Havana. Tiga dari perusahaan-perusahaan itu berbasis di Florida.

Dalam berita terkait, maskapai penerbangan AS Jet Blue mengumumkan Selasa (5/5) bahwa mereka akan menyediakan penerbangan carter antara kota New York dan Havana mulai Juli nanti.

Layanan feri antara AS dan Kuba tersedia secara umum pada tahun-tahun sebelum revolusi komunis pada 1959 yang dipimpin Fidel Castro yang menggulingkan rezim diktator Fulgencio Batista. Warga AS yang ingin pergi ke Kuba hanya dapat melakukannya secara terbatas, termasuk untuk tur pendidikan dan kebudayaan.

Washington dan Havana telah melakukan sejumlah pembicaraan tingkat tinggi sejak Presiden AS Barack Obama dan Presiden Kuba Raul Castro mengumumkan bulan Desember bahwa kedua negara sedang memperbarui hubungan diplomatik setelah lebih dari lima dekade. Obama dan Castro melakukan pembicaraan tatap muka pada KTT Amerika bulan lalu di Panama City, Panama.

Beberapa hari setelah pertemuan tersebut, Obama mengatakan ia berniat menghapus Kuba dari daftar negara sponsor terorisme.

XS
SM
MD
LG