Tautan-tautan Akses

Menlu AS, Iran Umumkan Kemajuan Perundingan Nuklir


Menlu Iran Mohammad Javad Zarif (kiri) dan Menlu AS John Kerry (kanan) saat melakukan perundingan di Wina, Austria (13/7).

Menlu Iran Mohammad Javad Zarif (kiri) dan Menlu AS John Kerry (kanan) saat melakukan perundingan di Wina, Austria (13/7).

Menlu Amerika John Kerry mengatakan bahwa para diplomat dari Iran dan kelompok enam negara telah membuat kemajuan dalam perundingan.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry kembali ke Washington setelah berunding dengan Menlu Iran Javad Zarif di Wina. Menlu Iran mengimbau perundingan nuklir dilanjutkan jika kesepakatan dengan negara-negara besar dunia tidak dicapai menjelang batas waktu 20 Juli.

Setelah pertemuan terakhir mengenai program nuklir Iran hari Selasa, Kerry mengatakan bahwa para diplomat dari Iran dan kelompok enam negara telah membuat kemajuan dalam perundingan namun “masih ada perbedaan pendapat” mengenai isu-isu utama.

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengulangi pernyataan Kerry tersebut dengan menambahkan “perbedaan-perbedaan serius” tapi mengatakan mereka telah “cukup membuat kemajuan untuk mengatakan kepada para pemimpin politik kita bahwa proses ini pantas dilanjutkan”.

Kedua diplomat menekankan bahwa masih memungkinkan untuk memenuhi batas waktu hari Minggu. Kerry juga mengatakan “tidak diragukan” Iran berhak memiliki program nuklir yang bertujuan damai.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG