Tautan-tautan Akses

AS, Iran Laporkan Kemajuan dalam Pembicaraan Nuklir


Pembicaraan nuklir Iran di Jenewa, Swiss.

Pembicaraan nuklir Iran di Jenewa, Swiss.

Babak baru pembicaraan nuklir Iran ditetapkan hari Senin depan (2/3) di Swiss.

Amerika dan Iran melaporkan bahwa mereka membuat kemajuan hari Senin (23/2) dalam perundingan mengenai program nuklir Iran, tetapi suatu perjanjian masih jauh.

Kedua pihak menggambarkan pembicaraan hari kedua di Jenewa antara Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry dan Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif, sebagai serius, berguna dan konstruktif. Tetapi Zarif mengatakan kepada Kantor Berita Iran Fars bahwa “ jalan masih panjang untuk mencapai persetujuan akhir”.

Seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan kedua pihak mempertajam isu-isu yang belum terselesaikan, tetapi bahwa apakah mereka akan mencapai persetujuan “masih harus ditunggu dan dilihat”.

Mereka berusaha memenuhi batas waktu tanggal 31 Maret untuk mencapai kerangka perjanjian, dengan batas waktu tanggal 1 Juli untuk perjanjian permanen yang akan menjamin kegiatan nuklir Iran bertujuan damai sebagai imbalan pencabutan sanksi ekonomi oleh pihak Barat yang telah melumpuhkan ekonomi Iran.

Babak baru pembicaraan ditetapkan hari Senin pekan depan, di Swiss.

Amerika dan lima negara kuat lain berusaha mengakhiri kemungkinan bahwa Iran bisa membuat senjata nuklir, sedang Iran mengatakan, program nuklirnya adalah untuk tujuan damai.

XS
SM
MD
LG