Tautan-tautan Akses

AS: Iran Langgar Hukum Internasional Terkait Rencana Pembunuhan Dubes Saudi


Jurubicara Deplu Amerika, Victoria Nuland (foto: dok).

Jurubicara Deplu Amerika, Victoria Nuland (foto: dok).

Para pejabat AS telah bertemu langsung dengan pejabat-pejabat Iran awal pekan ini membahas dugaan rencana Iran untuk membunuh dutabesar Arab Saudi untuk Amerika.

Jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika, Victoria Nuland kepada wartawan di Washington mengatakan bahwa pertemuan itu untuk menegaskan bahwa pemerintah AS menganggap perilaku seperti itu "tidak bisa diterima" dan melanggar hukum Amerika maupun internasional.

Ditambahkan, setiap upaya Iran untuk menyangkal pertemuan itu "menegaskan" betapa Iran tidak jujur untuk urusan seperti itu. Kantor berita Iran Mehr hari Jumat mengutip pejabat misi Iran di PBB, yang mengatakan, belum ada kontak langsung antara Amerika dan Iran.

Juga hari Jumat, sejumlah anggota Kongres Amerika menyerukan pemerintah Obama agar meningkatkan tekanan terhadap Iran. Beberapa anggota Kongres hari Jumat mengatakan, sanksi terhadap Iran tampaknya tidak mempan dan bahwa dibutuhkan tindakan yang lebih tegas.

Wakil Menteri Keuangan David Cohen hari Jumat berpendapat sanksi-sanksi terhadap Iran memiliki dampak. Menurutnya, pemerintah Obama sedang mempertimbangkan sanksi-sanksi baru yang menarget Bank Sentral Iran.

Hari Kamis, Presiden Barack Obama memperingatkan pejabat Iran, mereka akan menghadapi "sanksi terberat" yang mungkin atas apa yang ia gambarkan sebagai keterlibatan mereka dalam dugaan rencana untuk membunuh Dutabesar Arab Saudi Adel al-Jubeir.

XS
SM
MD
LG