Tautan-tautan Akses

AS-Iran Dilaporkan Sepakati Tatap Muka soal Nuklir Iran


Juru runding nuklir Iran Saeed Jalili dalam konferensi pers di Jenewa (foto: dok). Iran dan Amerika dilaporkan menyepakati tatap muka pertama soal nuklir Iran.

Juru runding nuklir Iran Saeed Jalili dalam konferensi pers di Jenewa (foto: dok). Iran dan Amerika dilaporkan menyepakati tatap muka pertama soal nuklir Iran.

Harian The New York Times melaporkan, Amerika dan Iran setuju untuk bicara tatap muka untuk pertama kalinya mengenai program nuklir Iran.

Surat kabar The New York Times, mengutip pejabat-pejabat pemerintahan Obama yang tidak disebutkan namanya, menyebutkan Amerika dan Iran telah mengadakan pertukaran rahasia secara terus menerus hampir sejak Barack Obama menjabat presiden tahun 2009.

Pejabat-pejabat itu mengatakan Iran ingin menunggu sampai setelah pemilihan presiden Amerika November untuk melihat dengan siapa negara itu akan bernegosiasi – pemerintahan kedua Obama atau Mitt Romney dari Partai Republik, yang menuduh Obama bersikap terlalu lunak terhadap Iran.

Koran The Times mengatakan pejabat-pejabat Amerika ingin membatasi pembicaraan pada program nuklir Iran dan tidak akan membiarkan Iran mengaitkan pembicaraan itu dengan masalah lain, termasuk Suriah.

Amerika telah lama menuduh Iran berusaha membuat bom nuklir. Iran menegaskan program nuklirnya hanya untuk tujuan sipil damai.

Israel mengancam aksi militer terhadap Iran. Dutabesar Israel untuk Amerika, Michael Oren, kepada koran Times mengatakan, Israel percaya Iran seharusnya tidak diberi kesempatan pembicaraan, sebaliknya sanksi-sanksi seharusnya diperkuat.

Sanksi-sanksi internasional dan boikot minyak oleh Uni Eropa sejauh ini gagal membujuk Iran agar menghentikan program nuklirnya.
XS
SM
MD
LG