Tautan-tautan Akses

AS Ingin Redakan Keprihatinan India Soal Pakistan


Utusan AS Richard Holbrooke mengatakan, peran India dalam keamanan regional tidak surut seiring meningkatnya hubungan AS-Pakistan.

Utusan khusus Amerika untuk Afghanistan dan Pakistan berusaha meredakan keprihatinan India mengenai meningkatnya kemitraan Amerika dengan Pakistan dan meningkatnya peran Islamabad di Afghanistan.

Richard Holbrooke hari Kamis mengatakan, peran India dalam keamanan regional tidak surut seiring meningkatnya hubungan Amerika dengan Pakistan.

Berbicara di New Delhi, Holbrooke mengemukakan, Afghanistan tidak dapat distabilkan tanpa keikutsertaan Pakistan. India khawatir bahwa rencana rekonsiliasi Afghanistan dengan Taliban akan memberi Pakistan peran yang lebih menonjol.

Pejabat tinggi militer Amerika yang juga berada di New Delhi Kamis ini mengemukakan bahwa Washington telah memperluas hubungan militer dengan kedua negara, India dan Pakistan dalam tahun-tahun terakhir ini.

Ketua Gabungan Kepala Staff Angkatan Bersenjata Amerika Laksamana Mike Mullen mengakui kedua negara tidak sepakat dalam banyak hal terkait Afghanistan. Tapi dia mengatakan keduanya ingin melihat pemerintah yang stabil dan aman di Kabul.

XS
SM
MD
LG