Tautan-tautan Akses

AS

AS Ingin Perluas Perairan Pasifik yang Dilindungi


Presiden Obama berencana untuk melindungi perairan di bagian selatan Pasifik tengah antara Hawaii dan Samoa (foto: dok).

Presiden Obama berencana untuk melindungi perairan di bagian selatan Pasifik tengah antara Hawaii dan Samoa (foto: dok).

Presiden AS Barack Obama berencana membuat taman laut terbesar di dunia, dengan memperluas kawasan terpencil Laut Pasifik.

Presiden Amerika Barack Obama berencana membuat taman laut terbesar di dunia, dengan memperluas kawasan terpencil Laut Pasifik di mana pengeboran, penangkapan ikan dan aktivitas komersil lainnya tidak diijinkan.

Gedung Putih hari Selasa (17/6) mengatakan Presiden Obama hendak melindungi perairan di bagian selatan Pasifik tengah antara pulau negara bagian Hawaii dan wilayah Amerika, Samoa. Pejabat mengatakan garis perbatasan pasti dari cagar laut itu belum ditentukan namun Presiden Obama bisa memperluas kawasan yang sudah dilindungi itu dari 225 kilometer persegi menjadi lebih dari 2 juta kilometer persegi.

Perairan itu berdekatan dengan tujuh pulau dan karang yang berada di bawah wewenang Amerika. Pejabat Gedung Putih mengatakan kawasan itu termasuk “ di antara lingkungan kelautan tropis yang belum pernah disentuh di dunia” tapi mengingatkan perairan itu rentan karena dampak perubahan iklim dan keasaman laut.

Presiden Obama juga berencana untuk menciptakan program pemerintah yang memberantas pasar ikan gelap dan penipuan makanan laut, dimana produk-produk laut tidak di cap semestinya untuk menutupi dari mana ikan tersebut di tangkap.

Presiden Obama berencana memaparkan rincian rencananya dalam sebuah pesan video pada mereka yang menghadiri konferensi “Laut Kita” yang diadakan Departemen Luar Negeri di Washington.

Salah seorang pembicara dalam konferensi itu, aktor Hollywood Leonardo DiCaprio memuji upaya baru untuk melindungi bagian dari kawasan Pasifik itu dengan mengatakan laut dunia masih kurang diatur.

Wilayah perlindungan laut yang ingin diperluas Presiden Obama itu pertama kali ditetapkan sebagai monumen kelautan Amerika oleh pendahulunya, Presiden George W Bush.
XS
SM
MD
LG