Tautan-tautan Akses

AS, Inggris Bentuk Kerjasama Keamanan Baru


Penasehat keamanan nasional Obama, Tom Donilon.
Penasehat keamanan nasional Obama, Tom Donilon.

Kedua negara akan resmi mengumumkan pembentukan Dewan Strategi Keamanan Nasional itu bersamaan kunjungan Obama di London.

Amerika Serikat dan Inggris berencana membentuk Dewan Keamanan Nasional Bersama, yang dirancang untuk memungkinkan kedua negara yang bersekutu itu bekerjasama dengan erat dalam menanggulangi tantangan keamanan.

Kedua negara diperkirakan akan dengan resmi mengumumkan pembentukan Dewan Strategi Keamanan Nasional yang baru dalam kunjungan Presiden Amerika Barack Obama di London sekarang ini.

Penasehat keamanan nasional Obama, Tom Donilon, dan pejabat keamanan Inggris Peter Ricketts, akan memimpin dewan tersebut, yang akan berbagi informasi dan menanggulangi tantangan keamanan jangka panjang.

Para pejabat mengatakan dewan itu juga akan membicarakan tanggapan atas perkembangan baru-baru ini di Timur Tengah dan akan memeriksa negara-negara yang melakukan kegiatan buruk.

Amerika dan Inggris sudah mempunyai kerjasama yang sudah lama dalam berbagai masalah keamanan, dari terosime hingga perang di Afghanistan. Tetapi, para pejabat mengatakan dewan baru itu juga akan membahas tantangan masa depan, bukan hanya masalah dalam waktu dekat.

XS
SM
MD
LG