Tautan-tautan Akses

AS, India Setujui Pengolahan Kembali Bahan Nuklir


India akan membangun dua reaktor nuklir menggunakan teknologi AS di negara bagian Andhra Pradesh dan Gujarat.

India akan membangun dua reaktor nuklir menggunakan teknologi AS di negara bagian Andhra Pradesh dan Gujarat.

Persetujuan itu akan memungkinkan peluang bisnis dan ekonomi yang baru di pasar energi nuklir milyaran dolar India.

Amerika Serikat dan India hari Jumat menanda-tangani persetujuan mengenai pengolahan kembali bahan nuklir dari Amerika di India berdasarkan pedoman pengamanan Badan Energi Atom Internasional.

Persetujuan itu ditanda-tangani oleh Dirjen Urusan Politik, Departemen Luar Negeri Amerika, Bill Burns, dan dutabesar India untuk Amerika Meera Shankar.

Menurut pernyataan departemen luar negeri Amerika, persetujuan itu mencerminkan tekad kuat Washington untuk melaksanakan persetujuan bersejarah Amerika-India tahun 2008 yang mengakhiri larangan 34-tahun perdagangan nuklir sipil Amerika dengan India.

Pernyataan itu mengatakan persetujuan yang ditanda-tangani hari Jumat akan memungkinkan peluang bisnis dan ekonomi yang baru di pasar energi nuklir milyaran dolar India, termasuk penetapan dua reaktor nuklir untuk menggunakan teknologi Amerika di negara bagian Andhra Pradesh dan Gujarat.

Pernyataan tadi mengatakan perdagangan nuklir sipil dengan India akan menciptakan ribuan pekerjaan baru bagi ekonomi Amerika sementara membantu India memenuhi kebutuhan energinya yang terus meningkat.

XS
SM
MD
LG