Tautan-tautan Akses

AS-India Adakan Dialog Strategis


Menlu AS Hillary Clinton dan Menlu India S.M. Krishna memimpin Dialog Strategi Amerika-India yang akan membahas beragam isu.

Para pejabat dari Amerika Serikat dan India mengadakan pembicaraan tingkat tinggi di Washington pekan ini. Pembicaraan ini menengahkan berbagai isu seperti energi, pertanian, ilmu pengetahuaan dan teknologi, kesehatan, pendidikan, pertahanan dan kontra-terorisme.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton dan Menteri Luar Negeri India S.M. Krishna memimpin Dialog Strategis Amerika-India. Pertemuan ini akan berlangsung selama empat hari, dan pertama kali diadakan antara pemimpin dari New Delhi dan Washington.

Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Bidang Politik William Burns mengatakan pada hari Selasa, beberapa pembicaraan yang dimaksudkan untuk memperkuat kerjasama masa depan sudah sedang berjalan.

Burns mengatakan Dialog Strategis AS-India tersebut mempunyai dua bagian. Yang pertama, berupa sidang lengkap yang membahas masalah bilateral sekarang ini, seperti kontra terorisme, teknologi tinggi, prasarana dan perubahan iklim. Sementara itu, Clinton dan Krishna akan membicarakan masalah global dan regional, terutama mengenai Afghanistan dan Pakistan.

XS
SM
MD
LG