Tautan-tautan Akses

AS Imbau Venezuela Hentikan Kekerasan atas Demonstran


Tentara Venezuela menahan beberapa demonstran anti pemerintah dalam aksi di ibukota Caracas (16/3).

Tentara Venezuela menahan beberapa demonstran anti pemerintah dalam aksi di ibukota Caracas (16/3).

Pemerintah AS mengimbau pemerintah Venezuela agar menghentikan kekerasan terhadap warga negara yang menggunakan hak asasi mereka untuk berdemonstrasi.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Jen Psaki hari Senin (17/3) mengatakan pihak berwenang Venezuela harus membebaskan orang-orang yang dipenjara secara sewenang-wenang, mengijinkan kebebasan berpendapat, mencabut larangan terhadap kebebasan pers, dan memulai dialog dengan rakyat Venezuela dari semua sudut pandang politik.

Di Caracas, pasukan keamanan hari Senin menguasai sebuah alun-alun dan kompleks-kompleks perumahan disekitarnya di pusat demonstrasi anti-pemerintah yang telah berlangsung sebulan ini. Presiden Nicolas Maduro hari Sabtu memperingatkan bahwa para demonstran punya hanya beberapa jam untuk mengosongkan Plaza Altamira sebelum pasukan keamanan masuk kesana.

Demonstrasi itu dimulai kalangan mahasiswa, yang lalu diikuti puluhan ribu umumnya warga kelas menengah Venezuela yang tertekan akibat inflasi, meningkatnya kejahatan bercampur kekerasan dan kelangkaan bahan-bahan pokok.

Pemerintah Venezuela mengatakan demonstrasi itu telah mengakibatkan 25 korban tewas.
XS
SM
MD
LG