Tautan-tautan Akses

AS Hukum Warga Kanada Penyelundup Penyu 5 Tahun Penjara


Penyu yang diselundupkan diukur dengan penggaris dalam foto milik kejaksaan AS.

Penyu yang diselundupkan diukur dengan penggaris dalam foto milik kejaksaan AS.

Kai Xu ditangkap tahun 2014 di perbatasan Amerika-Kanada dengan 51 penyu hidup yang disembunyikan di dalam celananya dan direkatkan ke kakinya.

Hakim federal Amerika menghukum seorang pria Kanada hampir lima tahun penjara karena merencanakan penyelundupan ribuan penyu ke negara asalnya di China.

Agen-agen federal menangkap Kai Xu tahun 2014 di perbatasan Amerika-Kanada dengan 51 penyu hidup yang disembunyikan di dalam celananya dan direkatkan ke kakinya.

Hari Selasa (12/4) sebelum ia dijatuhi hukuman di Ann Arbor, Michigan, Xu berterima kasih kepada agen-agen federal karena sudah mengakhiri apa yang disebutnya “keserakahan dan kebodohan" Xu yang berusia 27 tahun itu sudah menjalani hukuman 19 bulan penjara.

Xu mengirim reptil itu ke China dari Amerika atau Kanada atau membayar orang untuk menyelundupkan binatang-binatang itu dalam koper mereka.

Xu mengatakan kepada hakim ia sebelumnya perlu uang untuk menyelesaikan kuliahnya. Pengacaranya mengharapkan hukuman yang lebih ringan dan mengatakan Xu bukan “makelar internasional yang canggih”

Penyu sangat disukai di China sebagai binatang peliharaan. [my/al]

XS
SM
MD
LG