Tautan-tautan Akses

AS Hendaki Kerjasama Antariksa dengan Negara Lain


Pesawat ulang-alik NASA, Atlantis, yang telah menamatkan misi terakhirnya pada bulan Mei lalu.

Pesawat ulang-alik NASA, Atlantis, yang telah menamatkan misi terakhirnya pada bulan Mei lalu.

Presiden Obama mengatakan Amerika tidak lagi berlomba dengan musuh dan bahwa kewajiban Amerika di antariksa sudah berubah

Presiden Amerika Barack Obama telah membuat garis besar kebijakan antariksa nasional baru yang mengusahakan kerjasama damai dalam penjelajahan antariksa di masa depan.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan Gedung Putih pada hari Senin, Obama mengemukakan bahwa Amerika Serikat tidak lagi berlomba dengan musuh dan bahwa kewajiban Amerika di antariksa sudah berubah dalam beberapa puluh tahun ini.

Perubahan kebijakan ini tidak memuat pengumuman tertentu melainkan pendekatan baru yang berusaha mendorong apa yang disebutnya perindustrian niaga antariksa. Kebijakan baru itu juga akan mengusahakan kerjasama dengan negara-negara lain, dan menonjolkan perlunya menanggulangi tantangan yang ditimbulkan sampah dan bahaya lain di antariksa.

Para pejabat Gedung Putih mengatakan kebijakan antariksa baru itu memperkirakan peningkatan peranan pemerintah negara-negara lain, termasuk kemungkinan Tiongkok, dalam pembangunan fasilitas antariksa seperti Stasiun Antariksa Internasional.

XS
SM
MD
LG