Tautan-tautan Akses

AS Hampir Capai Kesepakatan dengan Mesir soal Utang


Menlu AS Hillary Clinton saat bertemu Presiden Mesir Mohammed Morsi di Kairo, Mesir 14 Juli 2012 (foto: dok). AS setuju memberikan keringanan utang bagi pemerintah baru Mesir.

Menlu AS Hillary Clinton saat bertemu Presiden Mesir Mohammed Morsi di Kairo, Mesir 14 Juli 2012 (foto: dok). AS setuju memberikan keringanan utang bagi pemerintah baru Mesir.

Kedua negara hampir mencapai kesepakatan bagi 1 milyar dolar keringanan utang, bagian dari paket bantuan AS dan internasional terhadap pemerintah baru Mesir.

Amerika Serikat sudah hampir mencapai kesepakatan dengan pemerintah baru Mesir untuk 1 milyar dolar keringanan utang sebagai bagian dari paket bantuan Amerika dan internasional yang dirancang untuk menopang ekonomi negara itu yang lesu dan membantu transisi Mesir menuju demokrasi.

Tim diplomat teras Amerika berada pekan lalu di Kairo merampungkan persetujuan itu, yang telah tertunda oleh kerusuhan politik Mesir dan sikap berhati-hati Washington memberi hadiah bagi pemimpin Islamis yang baru terpilih. Utang pemerintah Mesir kepada Amerika melebihi 3 milyar dolar.

Para pejabat tinggi Amerika mengatakan hari Senin pengumuman terakhir diperkirakan akan dikeluarkan bulan ini.

Perundingan itu diadakan sementara delegasi perdagangan bersama para wakil dari lebih 40 perusahaan Amerika yang mempertimbangkan penanaman modal di Mesir akan tiba pada akhir pekan ini.

Presiden Mohamad Morsi yang didukung Ikhwanul Muslimin Mesir telah mengatakan prioritas pertamanya adalah untuk menciptakan pekerjaan dan memperkuat ekonomi yang lemah negara itu, yang menderita pukulan besar setelah kekacauan revolusi tahun 2011.

Dua minggu lalu, Morsi meminta kepada Dana Moneter Internasional paket pinjaman 4,8 milyar dolar. Arab Saudi dan Qatar telah menyediakan bantuan darurat dan Tiongkok menawarkan pinjaman 200 juta dolar.
XS
SM
MD
LG