Tautan-tautan Akses

AS

AS Evaluasi Kerugian akibat Bocornya Program Pemantauan Rahasia


Media-media Hong Kong dan China memuat berita mengenai Edward Snowden di halaman depan (foto: dok).

Media-media Hong Kong dan China memuat berita mengenai Edward Snowden di halaman depan (foto: dok).

Pemerintah Amerika sedang menyelidiki apakah pengungkapan program pengintaian Amerika yang sangat rahasia oleh Edward Snowden merupakan kejahatan.

Edward Snowden mengatakan hari Minggu (9/6) bahwa ia adalah sumber laporan berita mengenai pemantauan telepon dan data internet yang dilakukan Badan Keamanan Nasional Amerika (NSA) – sebuah program yang menurut pemerintahan Obama mengamankan Amerika dari terorisme.

Sementara itu, para pejabat Eropa sedang mengevaluasi program intelijen itu dan mencari tahu apakah program itu melanggar privasi setempat.

Pemerintah-pemerintah Eropa sedang berusaha untuk menjelaskan apakah mereka mengizinkan Washington memata-matai warga negara mereka atau justru diuntungkan dengan tindakan mata-mata itu, yang kemungkinan ilegal di dalam negeri mereka.

Para pejabat Uni Eropa di Brussels, Belgia, berjanji akan berusaha mencari jawaban dari para diplomat Amerika dalam pertemuan tingkat menteri pekan ini di Dublin.

Di Washington, para legislator mengatakan mereka sedang mencari cara-cara potensial untuk mengamankan Amerika dari serangan teroris tanpa mengorbankan perlindungan privasi.

Keberadaan Snowden tidak diketahui sejak ia keluar dari hotelnya di Hong Kong, Senin. Ia mengatakan ia berencana untuk mencari suaka di negara manapun yang percaya pada kebebasan berbicara dan privasi global.
XS
SM
MD
LG